PENDAFTARAN UGM

PENDAFTARAN UGM

Universitas Gadjah Mada atau UGM tentu menjadi destinasi yang kamu prioritaskan selama masa kuliah. Sekalipun dikenal cukup sulit untuk bisa lolos menjadi mahasiswa disini, tetap perlu dicoba. Sebab ada kalanya memang cukup beruntung sehingga bisa masuk dengan mudah dan bisa pula perlu perjuangan ekstra. Apapun usaha yang perlu dilakukan tidak akan rugi sudah berani mencobanya. 

Pendaftaran Mahasiswa Baru di UGM


Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru di UGM 

Sebagai salah satu universitas besar dan ternama di Indonesia, UGM tahun 2020 ini menyediakan tiga jalur untuk pendaftaran mahasiswa baru. Adapun ketiga jalur ini adalah: 
  1. Jalur SNMPTN
    SNMPTN kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang dilakukan serentak di seluruh PTN di Indonesia termasuk di UGM. Jalur ini bisa dipilih oleh kamu yang sejak kelas X SMA sudah masuk peringkat 1 di kelas. Selain itu perlu memiliki prestasi akademik, sehingga bisa masuk tanpa tes namun saingannya tentu tetap tidak sedikit. 
  2. Jalur SBMPTN
    Jalur kedua adalah SBMPTN yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. UGM masuk ke dalam jajaran universitas negeri yang membuka jalur SBMPTN di Indonesia. Jalur ini memang melewati tes dan yang menentukan kamu lolos tidaknya menjadi mahasiswa disini tentu hasil tes tersebut. 
  3. Jalur Ujian Tulis UGM
    Pilihan jalur pendaftaran lainnya adalah melalui Ujian Tulis UGM yang merupakan kombinasi antara hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK dan juga nilai dari Ujian Tulis atau UTUL yang diadakan oleh UGM.  

Masing-masing jalur pendaftaran mahasiswa baru ini akan dibuka pendaftarannya secara bertahap, sehingga tidak dilakukan bersamaan. Adapun jadwal pendaftaran mengikuti tes seleksi tersebut bisa diakses langsung di portal resmi UGM yakni di www.ugm.ac.id. Supaya terhindar dari kemungkinan website lemot karena diakses banyak orang sekaligus di seluruh Indonesia maka bisa melakukan pendaftaran lebih dini. 

Kamu juga perlu memastikan mendaftar secara mandiri sebab tidak ada pihak manapun yang bisa menjamin kamu masuk UGM dengan mudah. Proses pendaftaran pun gratis tanpa pungutan biaya, jadi lakukan sendiri supaya aman dari calo nakal.